Peringati Hari Primata Indonesia, Empat Kukang Bangka Kembali ke 'Rumah'

Lingkungan  
Dokumentasi BKSDA Sumatera Selatan
Dokumentasi BKSDA Sumatera Selatan

BANGKA --Living in Harmony with Nature: Melestarikan Satwa Liar Milik Negara sekaligus peringatan Hari Primata Indonesia tahun 2022, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Sumatera Selatan, Yayasan ALOBI dan PT. Timah Tbk. bersama-sama melepasliarkan satwa liar dilindungi yaitu kukang bangka (Nycticebus bancanus). Kukang Bangka yang dilepasliarkan sebanyak empat ekor di kawasan Hutan Lindung Bangka Island Outdoor (BIO), Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Resort Konservasi Eksitu Wilayah XVII Bangka Fadli Jundana mengatakan, Kukang Bangka yang dilepasliarkan berasal dari serahan masyarakat yang kemudian dititiprawatkan ke PPS Alobi. ''Salah satu cara bagaimana untuk melestarikan primata adalah membiarkannya hidup di alam, dengan begitu itu juga mendukung bagaimana kita menjaga kehidupan primata,'' kata Fadli, dalam keterangan pers KLHK, Ahad (13/2).

Kukang Bangka merupakan satwa endemik pulau Bangka yang sebarannya terbatas di Pulau Bangka dan Pulau Kalimantan. Populasi satwa ini di alam semakin menurun dan berdasarkan Daftar Merah IUCN atau International Union for Conservation Nature (2021), satwa ini dikategorikan kritis (Critically Endangered).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dokumentasi BKSDA Sumatera Selatan
Dokumentasi BKSDA Sumatera Selatan

Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan Ujang Wisnu Barata mengatakan, BKSDA Sumsel di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melepasliarkan satwa sebanyak 55 ekor dari berbagai jenis dari tahun 2021 sampai dengan saat ini. Berbagai satwa yang telah dilepasliarkan juga telah melalui proses perawatan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi dan pemeriksaan Kesehatan satwa.

''Kukang Bangka yang dilepasliarkan pada kesempatan kali ini telah dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan,'' ungkapnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendaki dan jurnalis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image