Dear Pendaki Pemula, Ini Perlengkapan Wajib yang Mesti Dibawa Saat Mendaki Gunung

Tips  
Sejumlah pendaki sedang mendaki gunung Rinjani.

JAKARTA --Mendaki gunung menjadi kegiatan alam bebas yang semakin populer dan diminat oleh masyarakat. Tidak hanya anak muda, orang tua hingga anak-anak juga mulai banyak yang hobi naik gunung. Namun, mendaki gunung tidak serta merta bisa kita lakukan tanpa persiapan yang matang.

Sebab, jika hanya sekadar mendaki tanpa persiapan, bisa membuat kita celaka. Karena itu, diperlukan persiapan fisik dan tentunya barang-barang yang perlu dibawa selama pendakian. Meskipun saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa open trip, tetap saja kita perlu mempersiapkan diri untuk situasi tak terduga selama mendaki.

Tapi bagi para pendaki pemula, biasanya selalu kebingungan perlengkapan atau peralatan apa yang mesti dibawa untuk pendakian. Berikut perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan bagi Anda yang ingin mendaki :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sepatu atau sandal gunung

Mendaki menggunakan sepatu atau sandal gunung wajib kita lakukan. Karena jalur pendakian tidak selalu mulus. Dalam beberapa jalur, kita akan menemui medan berbatu yang licin, atau tanah merah yang sulit dipijak. Karena itu, jika menggunakan sepatu atau sandal biasa, maka bisa membahayakan keselamatan kita. Terpeleset saat pendakian bisa membuat kaki atau anggota tubuh lain cedera. Jika sudah begini, maka perjalanan untuk menggapai puncak gunung pun terganggu.

Gunakan baju dan celana untuk aktivitas outdoor

Memang tidak ada ketentuan yang mewajibkan kita menggunakan baju atau celana tertentu. Tapi ingat, salah kostum bakal membuat pendakian Anda tidak nyaman. Saat ini sudah banyak produk-produk pakaian yang bisa digunakan untuk mendaki, mulai dari lokal sampai impor. Ingat, hindari mengguankan celana jeans. Karena bahan jeans ini membuat pergerakan jadi tidak bebas. Selain berat dan tidak lentur, bahan jeans juga tidak mudah kering saat basah.

Tas gunung

Untuk membawa barang Anda yang cukup banyak selama pendakian, maka diperlukan tas yang kuat dan multifungsi. Karena itu, gunakanlah tas gunung. Karena tas biasa memiliki kekuatan dan fungsi yang tidak cocok untuk pendakian. Gunakanlah tas yang memiliki banyak ruang atau kantong, untuk memisahkan barang bawaan. Hati-hati, jika salah menggunakan tas bisa membuat Anda kerepotan, apalagi jika putus atau robek selama pendakian.

Senter atau headlamp

Banyak pendaki pemula yang meremehkan barang yang satu ini. Sebab kebanyakan mereka tidak berpikir kalau mendaki gunung akan berjalan mudah. Padahal, senter atau headlamp, sangat penting jika kita kemalaman di jalur pendakian. Jangan sampai kita mengandalkan rekan satu tim untuk mendaki, karena mereka belum tentu akan selalu bersama kita. Senter headlamp juga lebih direkomendasikan dibandingkan dengan senter biasa. Sebab dengan menggunakan headlamp, kita bisa sambil berpegangan pada pohon atau batu saat mendaki.

Pendaki sedang beristirahat karena lelah saat mendaki gunung Rinjani.

Jas hujan

Ini tentu jadi barang wajib yang dibawa. Karena kita tidak bisa memprediksi cuaca di gunung. Kehujanan di gunung bisa membuat tubuh kita kedinginan, dan berpotensi terkena hiportermia. Karena itu, kita harus tetap menjaga pakaian tetap kering meski mendaki dalam kondisi hujan. Sebisa mungkin jangan menggunakan jas hujan plastik. Sebab jas hujan jenis ini mudah robek jika tersangkut ranting pohon terkena batu. Gunakanlah jas hujan jenis ponco atau jas hujan yang bahannya lebih tebal.

Sarung tangan dan kaos kaki cadangan

Mungkin terlihat sepele. Tapi sarung tangan akan sangat berguna jika kita berkemah di ketinggian di atas 2.000 mdpl. Di ketinggian ini suhunya akan lebih rendah dan akan terasa sangat dingin, khususnya saat subuh. Untuk membuat tidur Anda nyaman di dalam tenda, maka sarung tangan dan kaos kaki kering akan sangat bermanfaat.

Berita Terkait

Image

Rekan Anda Terkena Hipotermia? Ini Langkah Penting yang Harus Dilakukan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendaki dan jurnalis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image