Mengenal Teknologi Iradiasi untuk Pengawetan Bahan dan Sterilisasi

Teknologi  

SERPONG --Teknologi iradiasi biasanya digunakan untuk perbaikan varietas tanaman. Tapi teknologi iradiasi juga dimanfaatkan untuk pengawetan bahan pangan dan sterilisasi alat kesehatan. Plt. Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir, ORTN BRIN, Kristedjo Kurnianto mengatakan, produk pertanian yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi rusak karena pengolahan paska panen yang tidak optimal dan terjadinya perubahan iklim.

Menurutnya Kristedjo, Iradiator Gamma merupakan salah satu opsi dan solusi untuk sterilisasi maupun pengawetan bahan makanan, obat-obatan, serta produk medis. ''Manfaat iradiasi adalah untuk menghambat pertunasan, membasmi serangga, memperpanjang umur simpan, mereduksi patogen, dan karantina,'' jelasnya.

Keunggulan sinar gamma, jelas Kristedjo, yaitu memiliki daya tembus yang sangat tinggi, efeknya menyeluruh tetapi harus dengan dosis radiasi yang tepat. Prosesnya sederhana pada suhu kamar, sehingga bentuk dan warna produk tidak berubah, tidak meninggalkan radiasi, tidak menggunakan bahan kimia, dan tentunya aman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dirinya mengungkapkan, teknologi iradiasi gamma terbukti lebih unggul dari konvensional. Iradiasi dapat menjadi solusi yang digunakan untuk pengawetan produk pangan, meningkatkan kualitas produk sehingga nilai jualnya tidak turun.

Selain itu, untuk memperbaiki sifat yang kurang dikehendaki pada varietas tanaman porang, iradiasi gamma dapat juga digunakan melalui teknik mutasi genetik. Sehingga diperoleh varietas tanaman porang baru dengan sifat yang lebih baik.

''Dengan memanfaatkan teknologi iradiasi gamma diharapkan dapat mendukung suksesnya budidaya dan perkembangan agribisnis porang di Indonesia,'' jelas Kristedjo.

SUMBER : BRIN.go.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendaki dan jurnalis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image